Fungsi dan Aturan Pemakaian Silica Gel

Fungsi dan Kegunaan Silica Gel

1. Silica gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi. Silica merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Produk ini sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan peralatan lainnya.

2. Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Silica adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.

3. Produk penyerap kelembaban ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan karat pada logam, mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro, serta mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat tingginya kelembaban udara.

Aturan dan Cara Pemakaian

1.   Silica gel sebagai bahan pengawet dalam kemasan

-Gunakan Silica gel white yang masih aktif dalam ukuran sachet sesuai ukuran kemasan.

-Letakan di dalam kemasan bersama barang yang akan dikemas dan tutup rapat-rapat. Pastikan tidak ada udara luar masuk ke dalam kemasan.

2.   Silica gel untuk menjaga kelembaban udara ruang penyimpanan

-Gunakan Silica gel sintetis-white yang masih aktif dalam jumlah yang cukup dan letakkan di sudut-sudut ruangan

-Usahakan ruangan selalu dalam kondisi tertutup untuk meminimalisir masuknya udara lembab dari luar. Pasang higrometer untuk mengontrol tingkat kelembaban udara dalam ruang penyimpanan anda. Tambahkan jumlah silika gel jika kelembaban udara masih terlalu tinggi. Atau ganti silica gel dengan yang baru jika dipastikan sudah tidak aktif.

No Comments

Post A Comment

1
Hello, ada yang bisa kami bantu??
Powered by